Connect with us

Laptop

Cara Beriklan di Google Dengan Google Ads, Promosikan Bisnismu Sekarang!

Randi Pratama

Published

cara beriklan di google dengan google ads
Volusion

Sebelum nya kalian pasti sering melihat iklan di google, baik itu di youtube, situs maupun di pencarian google. Iklan tersebut merupakan hasil kerja sama antara pengiklan dengan google.

Bagi kamu yang juga ingin beriklan di google, kamu bisa menggunakan Google Ads untuk memasarkan produk/bisnis kamu secara online.

Sebelum di kenal dengan nama Google Ads, Platform iklan terbesar ini di sebut dengan nama Google Adword. Meski telah berganti nama, cara penggunaan Google Ads tidak jauh beda dengan Google Adword.

Google Ads sangat berguna untuk kalian yang ingin mempromosikan situs atau toko kalian melalui hasil pencarian google. Dengan kata lain, situs atau toko kalian akan lebih mudah di temukan oleh masyarakat luas melalui keyword tertentu yang relevan dengan toko kalian. 

Panduan Menggunakan Google Ads Dengan Mudah

Kesuksesan Google Ads sebagai media/platform iklan terbesar di dunia membuat banyak orang ikut beriklan di sana. Bagi kamu gang tidak mau ketinggalan, kamu bisa mengikuti tutorial berikut cara menggunakan Google Ads.

1. Buat Akun Google Ads

cara menggunakan google ads

Flashtik Media

Kalau kamu belum memiliki Akun Google Ads, silahkan daftar terlebih dahulu menggunakan akun gmail kamu. Isi semua kolom seperti biasa baik itu nama, email dan kata sandi.

Kemudian pilih “Started/Mulai”, dan silahkan masukan nama bisnis dan juga link situs bisnis online kamu.

2. Tentukan Jenis Bisnis Mu

cara mendaftar google ads

Google Ads

Setelah memiliki akun Google Ads, saat nya untuk menentukan Goal atau jenis bisnis yang kamu jalankan.

Google Ads menyediakan 3 pilihan goal antara lain: Call your business, Visit your storefront dan Take an action on your website.

Baca Juga: Pasti Ngebut! 5 Trik Mempercepat Koneksi Internet yang Harus Kamu Coba

Masing-masing goal punya keunikan tersendiri. Seperti “call your business” untuk bisnis yang sering melakukan interaksi melalui telepon, “visit your storefront” untuk bisnis yang memiliki bentuk fisik seperti restoran, toko, bengkel dll, dan terakhir “take an action on your website” untuk bisnis yang di kembangkan melalui media website.

Silahkan pilih salah satu goal yang benar-benar identik dan relevan dengan bisnis kamu.

3. Silahkan Pilih Target Lokasi

cara menggunakan google ads

Flashtik Media

Setelah menetukan goal dari bisnis kamu, saat nya memiliki target lokasi dimana iklan tersebut akan di sebarkan. Kamu bisa memilih lokasi mana saja dalam negeri maupun luar negeri.

Saya menyarankan untuk memilih lokasi terdekat saja jika bisnis kamu berbentuk fisik seperti toko atau restoran, supaya iklan kamu dilihat oleh orang yang tepat dan bisa langsung mengunjungi toko mu.

Namun kalau kamu bisa melayani customer hingga keseluruh Indonesia atau bahkan luar negeri, maka silahkan memperluas jangkauan target lokasi mu.

4. Tentukan Keyword Bisnis Kamu

cara pasang keyword google ads

Flashtik Media

Kemudian kamu akan di minta untuk memasukan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu.

Pada bagian ini, kamu harus lebih spesifik dalam menuliskan keyword yang tepat. Misalnya jika bisnis kamu ialah berjualan laptop murah, kamu tinggal memasukan kata kunci “laptop murah”.

 5. Buat Iklan

cara beriklan di google ads

Flashtik Media

Saatnya membuat iklan yang baik untuk bisnis kamu. Pertama masukan judul 1, ini berisi kata kunci spesifik dari bisnis mu seperti “Laptop Murah Meriah” atau “Restoran Lengkap”.

Pada bagian judul 2, kamu bisa memasukan tag line atau sejenis kalimat yang mendukung bisnis kamu seperti “Tempatnya jual beli laptop terpercaya” atau “Beli dua gratis satu”.

Baca Juga: 7 Jurus Lengkap di Terima Adsense Blog dengan Cepat 2019, Tiga Minggu di Approve!

Pada bagian deskripsi, kamu bisa memasukan kalimat yang menceritakan sedikit tentang bisnis atau keunggulan bisnis kamu. Manfaatkan deskripsi itu sebaik mungkin, karena google membatasi 80 karakter untuk deskripsi. Di atas adalah contoh penulisan iklan yang benar.

6. Tentukan Anggaran Biaya Iklan

membuat anggaran biaya iklan

Flashtik Media

Ini berkaitan bagaimana kamu membayar ketika iklan kamu sudah di terbitkan. Ada dua pilihan yang di sediakan seperti Pay per Click (PPC) dan Pay per View (PPV).

PPC adalah dana yang harus kamu bayar ketika iklan kamu di klik oleh satu orang, sedangkan PPV adalah dana yang harus kamu keluarkan ketika iklan kamu telah di lihat oleh orang setiap 1000 kali tayang.

Sebagi pemula, saya merekomendasikan kamu untuk memilih jenis iklan PPC, selain harga nya lebih murah, meski iklan kamu telah dilihat oleh jutaan orang namun tidak ada klik di sana, maka kamu tidak perlu membayar.

7. Pilih Metode Pembayaran

membuat metode pembayaran google ads

Flashtik Media

Terakhir, kamu tinggal menentukan metode pembayaran yang kamu suka. Bisa menggunakan kartu kredit (otomatis) atau melalui transfer bank (manual). Saya sendiri lebih memilih kartu kredit, karena estimasi anggaran yang di sepakati belum tentu tercapai. Jadi kita bisa menghentikan iklan tersebut jika sudah tidak ingin melanjutkan nya.

Kesimpulan

Beriklan di google itu sangatlah mudah, selain harga nya terjangkau, beriklan melalui Google adalah cara tercepat untuk berada di hadapan calon pelanggan yang tepat.

Misalnya kalau bisnis mu bergerak di bidang “jual beli laptop”, tentu iklan tidak akan di tampilkan ketika orang sedang mencari kata kunci “jual beli mobil” di pencarian google. Melainkan iklan ditampilkan hanya untuk kata kunci relevan dengan jual beli laptop.

Google Ads adalah alat pengiklan yang sangat kompleks, tidak heran banyak perusahaan besar hingga bisnis mikro yang mengandalkan google ads sebagai alat untuk memasarkan brand mereka. Jadi Google Ads sangat di rekomendasikan buat kamu yang sedang mengembangkan bisnis mu.

Show All
Advertisement

Editor Pick’s

Newsteller

Berlangganan GRATIS di Flashtik Media untuk mendapatkan update artikel menarik setiap harinya:

Apps

Top