Cara Menstabilkan Sinyal 4G

Saat ini, 4G merupakan jaringan yang banyak digunakan karena cenderung memiliki kecepatan transfer data yang mumpuni. Sehingga bisa sangat diandalkan apabila digunakan untuk mengakses internet ataupun upload download. Bahkan file-file besar pun bisa diunduh dalam waktu yang tergolong cepat.

Akan tetapi, tidak semua jaringan 4G mampu memberikan layanan yang baik. Karena hal tersebut juga dipengaruhi oleh berbagai faktor terutama kualitas sinyalnya. Apalagi jika di Indonesia, jaringan 4G belum bisa dibilang merata ke semua wilayah. Sehingga seringkali kita mendapati sinyal yang tidak stabil bahkan hilang.

Hal tersebut tentu juga akan sangat berpengaruh pada koneksi kita. Terutama jika digunakan untuk mengakses internet, pasti sinyal 4G yang tidak stabil akan menghasilkan koneksi yang kurang bagus juga. Nah apakah ada tips untuk membuat kualitas sinyal 4G pada smartphone menjadi lebih baik?

Cara  Memperbaiki Jaringan 4G Tidak Stabil

Bicara soal kualitas sinyal 4G yang bisa ditangkap oleh smartphone, maka ada cukup banyak faktor yang mempengaruhinya. Beberapa hal kecil yang tidak kita perhatikan sering menjadi penyebab sinyal yang tidak stabil. Sehingga apabila digunakan untuk browsing, download dan streaming pun tidak lancar.

Nah oleh karena itulah, dalam kesempatan kali ini Flashtik akan memberikan sejumlah tips ampuh untuk mendapatkan sinyal 4G yang lebih baik dan stabil. Tips-tips berikut ini bisa membuat koneksi jaringan internet kalian menjadi lebih lancar dan tidak lemot.

1. Pilih Provider yang Tepat

Cara Menstabilkan Sinyal 4G Smartphone AndroidSalah satu hal mendasar yang harus kita perhatikan adalah provider itu sendiri. Setiap ISP tentunya memiliki jenis layanan yang berbeda-beda. Kualitas jaringan yang diberikan pun berbeda satu sama lain. Biasanya antara wilayah satu dengan yang lainnya akan memiliki kualitas sinyal yang tidak sama.

Oleh karena itulah, jika ingin mendapatkan sinyal 4G yang stabil, kalian harus memilih provider yang tepat. Artinya provider yang cakupan sinyal 4G nya sudah baik di daerah kalian masing-masing. Sehingga akan lebih mudah untuk menstabilkan jaringan agar kualitas sinyal yang didapat pun baik.

2. Mode Pesawat & Restart Smartphone

Cara Menstabilkan Sinyal 4G Smartphone AndroidTips pertama yang bisa kalian coba adalah merefresh jaringan. Caranya bisa dengan mengaktifkan mode pesawar (airplane mode) dan kemudian matikan kembali. Jika hal tersebut sekiranya belum berhasil, cobalah untuk merestart smartphone kalian agar sistemnya ikut terefresh. Dengan begitu diharapkan penangkapan sinyalnya lebih baik dan mendapatkan jaringan 4G yang stabil.

3 Pergi ke Luar Ruangan

Cara Menstabilkan Sinyal 4G Smartphone AndroidBagi yang seringkali mengalami sinyal 4G hilang, biasanya hal tersebut karena cakupan jaringan yang belum merata. Nah agar lebih stabil, kalian bisa mencoba berpindah ke luar ruangan agar smartphone bisa menangkap sinyal dengan lebih baik. Karena biasanya jika di dalam ruangan perangkat pun akan lebih sulit mendapatkan jaringan yang baik.

Baca Juga : Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G

4. Lock ke Jaringan 4G

Cara Menstabilkan Sinyal 4G Smartphone AndroidTips selanjutnya yang mungkin bisa menambah kestabilan sinyal 4G adalah dengan melock pada jaringan LTE. Sehingga smartphone pun akan lebih fokus untuk mencari sinyal 4G dan mendapatkan tangkapan dengan kualitas lebih baik. Bagi yang belum tahu bagaimana cara mengunci ke jaringan LTE, silahkan simak tutorial berikut ini.

  • Pertama, silahkan buka Pengaturan/Setting di perangkat android kalian masing-masing.
  • Setelah itu pilih pada menu Jaringan dan Internet > Kartu SIM.
  • Pilih Simcard yang kalian gunakan, kemudian pada bagian Jaringan Seluler setting pada 4G LTE.
  • Nah terakhir coba restart dan lihat apakah sinyal yang kalian dapatkan sudah lebih stabil daripada sebelumnya.

Catatan : Cara untuk beberapa merek smartphone mungkin bisa sedikit berbeda. Silahkan kalian cari pada menu yang ada pengaturan jaringan HP masing-masing.

5. Lepas Casing Tambahan Smartphone

Cara Menstabilkan Sinyal 4G Smartphone AndroidSalah satu hal sepele yang mungkin tidak pernah kita perhatikan. Penggunaan hardcase/softcase pada smartphone memang bisa melindungi body perangkat dari debu atau benturan. Namun di sisi lain, hal tersebut juga dianggap bisa menghambat penangkapan sinyal si smartphone itu sendiri.

Sehingga ia tidak bisa menangkap jaringan 4G secara optimal dan hasilnya pun tidak stabil. Nah apabila kalian juga menggunakan case tambahan pada smartphone, coba lepas terlebih dahulu. Lihat apakah hal tersebut berpengaruh pada kualitas sinyal yang didapat oleh perangkat tersebut.

6. Aplikasi Penguat Sinyal 4G

Cara Menstabilkan Sinyal 4G Smartphone AndroidJika kalian cek di playstore, akan bisa ditemukan banyak aplikasi yang mengklaim bisa menstabilkan tangkapan sinyal 4G pada HP android. Sebut saja seperti Network signal Speed Booster, OpenSignal, Internet Booster & Optimizer. Nah pasti banyak yang bertanya, “apakah aplikasi semacam itu benar-benar bekerja?“. Yah untuk membuktikannya, kalian bisa mencoba sendiri dan melihat apakah ada perubahan pada kualitas sinyal 4G kalian.

Demikian beberapa tips trik yang bisa kalian coba untuk menstabilkan sinyal 4G pada smartphone android. Cobalah cara-cara diatas untuk meningkatkan kualitas jaringan yang didapatkan oleh HP kita menjadi lebih baik. Semoga artikel diatas bisa membantu dan bermanfaat, apabila ada pertanyaan bisa langsung kalian tulis di bawah.