Penyebab dan 4 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh – Saat ini, penggunaan telepon genggam mayoritas menggunakan teknik touchscreen atau layar sentuh. namun seperti kita ketahui, bahwa secanggih apapun teknologi pasti akan mengalami kendala. Begitu pula dengan layar touchscreen pada telepon genggam.

Namun umumnya, hal ini terjadi pada ponsel dengan basis Android. Dimana, kendal tersebut berupa layar touchscreen tidak dapat disentuh atau digeser atau difungsikan sesuai dengan fungsinya. Ada yang secara total tidak dapat digunakan, namun ada pula yang hanya sebagian.

Tentu saja Anda akan dibuat bingung dengan cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh, karena tidak mengetahui penyebab dari kendala yang dialami. Perlu di ketahui, bahwa LCD atau layar merupakan kan salah satu bagian yang penting dari sebuah ponsel yang mana cukup rawan dan juga mudah mengalami kerusakan.

Apabila kerusakan pada layar akibat terjatuh, namun telepon genggam masih dapat difungsikan dengan baik, sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk mengganti touchscreen Android. karena cuma anda perlu untuk mengetahui dengan jelas penyebab atau faktor yang membuat layar handphone menjadi error.

Untuk itu, Anda perlu untuk mengetahui beberapa hal berikut sebagai cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh.

Penyebab Layar HP Tidak Dapat Disentuh

Mungkin, salah satu kendala yang kerap kali terjadi adalah layar tidak dapat disentuh sebagian. Akan tetapi, beberapa bagian yang lain masih dapat digunakan dan difungsikan dengan baik. Terdapat beberapa faktor yang dapat dijadikan sebagai penyebab dari masalah tersebut. Bisa berasal dari hardware ataupun dari bagian software HP.

Sehingga Anda perlu untuk melakukan analisa terhadap penyebab utama dari masalah layar yang tiba-tiba eror dan tidak dapat digunakan sebagian. Karena terdapat banyak penyebab dari gejala sebuah layang tidak dapat difungsikan sebagian. Seperti layar yang sering bergerak-gerak respon layar berbeda dengan titik yang telah disentuh, ataupun respon yang sangat lambat dan tidak sesuai dengan titik yang ditekan.

Tentu saja mengetahui penyebab utama dari kerusakan atau masalah tersebut merupakan hal yang penting dalam cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh. Perlu diketahui pula, sering gonta-ganti charger atau menggunakan charger yang bukan merupakan charger bawaan atau original dari handphone tersebut dapat berpengaruh terhadap layar yang error.

Penggunaan charger yang murahan, dapat menyebabkan arus listrik yang masuk seringkali tidak stabil sehingga menyebabkan layar menjadi panas. Hal inilah yang dapat menjadi salah satu penyebab dari layar yang tidak dapat disentuh.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Instagram Bisnis, Beserta 5 Fitur Instagram Bisnis

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Dapat Respon

Adapun cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut.

1. RestartPonsel

Langkah yang paling sederhana untuk dapat mengatasi layar HP tidak dapat disentuh adalah dengan melakukan restart dengan mematikan ponsel dan tunggu selama 30 detik. Setelah 30 detik komandan dapat menghidupkannya kembali. Langkah ini merupakan prosedur sebuah siklus daya yang dapat menghapus semua atau gangguan yang telah terjadi pada sistem operasi.

Dalam berbagai kasus, langkah ini dapat mengatasi masalah dengan layar yang tidak dapat disentuh sebagian. selain itu, langkah ini pun dapat membantu untuk mendinginkan perangkat Android karena terkadang permukaan layar pada ponsel tidak dapat berfungsi akibat ponsel berjalan terlalu panas.

2. Mengaktifkan Menu Pointer Location

Selanjutnya adalah dengan mengetahui apakah layar memang benar-benar rusak atau hanya kurang sensitif saja terhadap sentuhan. Oleh karena itu, mengaktifkan pointer location merupakan suatu hal yang tepat sebagai cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh.

Caranya adalah dengan masuk ke dalam menu dan otomatis akan muncul tombol build number. kemudian apabila menu developer option sudah muncul maka tekan pointer location kemudian klik dan aktifkan. Apabila layar HP berada pada kondisi yang baik, maka akan muncul sebuah garis-garis dan berlaku sebaliknya.

3. Pijat Layar

Apabila penyebabnya akibat sering terjatuh, maka anda perlu untuk mencoba memijat layar atau menekan layar. Hal ini berfungsi untuk mengencangkan bagian layar HP yang sudah longgar karena sering terjatuh. Tekan menggunakan ibu jari pada bagian layar yang sering tiba-tiba error pada bagian layar dan bagian casing belakang. Hal ini cukup efektif sebagai cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh.

4. Mengecek Posisi LCD

Apabila ponsel yang Anda miliki mengalami masalah akibat terjatuh, maka anda perlu untuk segera melakukan pengecekan posisi LCD. Akan tetapi jika Anda ragu-ragu atau bahkan tidak dapat membuka LCD sendiri karena kurangnya pengalaman, alangkah lebih baik jika Anda melakukan servis di konter atau tempat perbaikan ponsel.

Penyebab layar ponsel tidak dapat disentuh sangat beragam sehingga Anda harus benar-benar teliti untuk dapat mengetahui penyebab utama dari masalah tersebut. Tentu saja hal tersebut untuk dapat mengetahui cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh, dengan tepat. Usahakan untuk tidak melakukan perbaikan secara sembarangan apabila belum pasti penyebab utamanya.