Pelanggan Baru? Ketahui 3 Cara Registrasi Kartu Axis dengan Tepat

Cara Registrasi Kartu Axis, Saat ini rasanya hampir semua orang hidup dengan terhubung ke internet. Sehingga tidak heran apabila banyak provider yang berlomba-lomba untuk menghadirkan paket data internet dengan segudang promo. Hal ini pun juga dilakukan oleh salah satu provider ternama di Indonesia yaitu Axis.

Setiap bulannya, Axis selalu menghadirkan banyak pilihan promo baik itu seputar paket data internet, paket telepon, maupun paket SMS. Dengan harga yang ditawarkannya pun sangat terjangkau, maka tidak heran apabila banyak orang yang mulai beralih dari provider lain ke provider yang satu ini.

Namun, ingatkah Anda tentang peraturan yang dikeluarkan oleh Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) yang menyatakan bahwa 1 NIK (Nomor Induk Kependudukan) hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan 3 nomor saja. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan kartu SIM.

Sehingga, apabila Anda baru akan mengganti kartu SIM Anda, terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa kartu Anda yang sebelumnya Anda gunakan sudah Anda lakukan unreg. Kemudian, barulah Anda lakukan registrasi kartu baru Anda supaya Anda bisa menggunakan kartu tersebut dengan sebagaimana mestinya. Lalu tahukah Anda bagaimana cara registrasi kartu Axis? Caranya sangat mudah, simak di bawah ini ya!

1. Registrasi Kartu Perdana Axis secara Manual untuk Pelanggan Baru

Sebagai pelanggan atau pengguna baru kartu Axis, pastinya Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan kartunya. Untuk registrasi pelanggan baru ini sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu bisa dilakukan secara manual, bisa juga dilakukan dengan cara menggunakan layanan SMS.

Untuk cara manual ini sendiri sangat mudah untuk dilakukan, karena ketika Anda mengaktifkan ponsel Anda yang baru saja dimasukkan kartu perdana Axis, akan muncul jendel pop up secara otomatis untuk melakukan registrasi kartu. Anda hanya perlu menekan OK untuk memulai proses registrasi kartunya.

Cara registrasi kartu Axis secara manual ini tidak membutuhkan waktu yang lama, Anda hanya perlu memasukkan lembar formulir yang muncul dari jendela pop up tersebut. Formulir yang perlu diisi juga hanya seputar pengisian Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga Nomor Kartu Keluarga (KK).

Pastikan Anda memasukkan nomornya dengan tepat, bila tidak yakin, Anda bisa lakukan cross check terlebih dahulu sebelum menekan tombol ‘’OK’’. Setelah Anda memastikan bahwa nomor yang dimasukkan sudah sesuai, maka Anda tinggal klik ‘’OK’’. Dengan begitu, Anda akan diminta untuk melakukan restart pada ponsel Anda.

Setelah ponsel Anda selesai melakukan proses restart, dalam artian ponsel Anda sudah menyala kembali, maka dengan begitu artinya Anda sudah berhasil dalam melakukan registrasi kartu perdana Axis Anda. Sehingga, Anda sudah bisa menggunakannya kartu perdana tersebut dengan bebas untuk mengakses layanan dan promo yang sudah disediakan oleh Axis.

2. Registrasi Kartu Perdana Axis melalui Layanan SMS untuk Pelanggan Baru

Apabila sebagai pelanggan baru ketika Anda mengaktifkan ponsel tidak langsung muncul jendela pop up registrasi kartu, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa melakukan registrasi kartu dengan cara yang lainnya. Cara registrasi kartu Axis yang kedua ini adalah dengan mengandalkan layanan SMS.

Anda hanya perlu mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format registrasi kartu perdana Axis untuk pelanggan baru, yaitu ketik DAFTAR#NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN#NOMOR KARTU KELUARGA. SMS ini tidak dipungut biaya sama sekali, jadi Anda tidak perlu khawatir apabila Anda belum mengisi pulsa di kartu perdana Axis Anda yang baru.

Apabila registrasi Anda berhasil, maka Anda akan segera menerima SMS balasan dari nomor 4444 yang akan menyatakan bahwa registrasi kartu Anda sudah berhasil, dan menghimbau Anda untuk melakukan restart terlebih dahulu pada ponsel Anda. Sama seperti cara sebelumnya, apabila ponsel Anda sudah selesai melakukan restart maka itu artinya kartu perdana Axis Anda sudah siap untuk digunakan.

3. Registrasi Kartu Perdana Axis melalui Layanan SMS untuk Pelanggan Lama

Mengingat ke peraturan yang dikeluarkan oleh Kominfo, untuk pelanggan lama pun diharuskan untuk melakukan registrasi pada kartu perdana yang digunakannya. Hal ini karena untuk pemusatan data juga, sehingga setiap NIK akan terdaftar dengan semestinya. Nah, cara registrasi kartu Axis bagi pelanggan lama ini juga bisa dilakukan melalui layanan SMS seperti pelanggan baru.

Namun, format SMS yang dikirimkannya jelas berbeda, sebagai pelanggan lama Anda harus mengirim SMS dengan format ULANG#NIK#NOMOR KARTU KELUARGA kemudian kirim ke nomor 4444. Kemudian tunggu sampai ada balasan yang menyatakan bahwa registrasi kartu perdana Axis Anda sudah berhasil, dengan begitu Anda bisa melanjutkan penggunaan kartu Anda kembali.

Nah, itulah beberapa cara registrasi kartu Axis yang bisa Anda lakukan dengan mudah, karena prosesnya sangat mudah jangan sampai Anda salah dalam melakukan registrasi ya!