6 Cara Registrasi Kartu XL Perdana, Ulang Maupun Registrasi yang Gagal

Kegiatan registrasi kartu merupakan hal yang pasti dilakukan oleh pengguna handphone. Tujuannya untuk bisa menggunakan kartu SIM tersebut untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekatnya. Bagi mereka yang menggunakan kartu XL, tentunya harus tau bagaimana cara mendaftarkan nomer kartu XL-nya supaya bisa dipakai.

Di sini kami menyediakan tips untuk registrasi kartu XL baik itu registrasi perdana, daftar ulang maupun registrasi yang gagal. Buat kamu yang ingin tau cara registrasi kartu XL perdana bisa cermati langkah-langkah kami berikut ini!

Cara Registrasi Kartu XL

1. Kamu bisa Menggunakan SMS untuk Registrasi

SMS sudah menjadi fitur aplikasi berkirim pesan sudah sejak lama ada di handphone genggam. Biasanya sehabis isi pulsa pengguna menyapa teman-temannya melalui aplikasi ini. Tapi, ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman saja, kamu juga bisa melakukan registrasi kartu XL perdana melalui SMS dengan cara memasukkan format ‘DAFTAR#NIK#nomorKK. Kirim ke 4444. Pastikan nomor NIK dan KK yang kamu masukkan sudah benar.

2. Registrasi Kartu XL dengan Website

Selain dengan cara offline melalui SMS kamu juga bisa registrasi kartu XL dengan cara menggunakan website. Buka browser kamu, lalu masukkan URL https://registrasi.xl.co.id/ulang di kolom pencarian. Jika lama sudah terbuka, lakukan intruksi sesuai dengan yang diperintah biasanya kamu akan diminta identitas seperti di SMS.

Itulah, cara registrasi kartu XL perdana yang bisa kamu coba di rumah. Selanjutnya kalau kamu ingin registrasi ulang kartu XL kamu, bisa mengikuti petunjuk kami berikut:

3. Melalui SMS ke Nomor 4444

Sama halnya dengan registrasi kartu XL perdana, kamu juga bisa registrasi ulang via SMS. Hanya saja ada sedikit format yang berbeda sehingga kamu harus pelajari petunjuk registrasinya terlebih dahulu. Nah, lalu bagaimana cara registrasinya?

Kamu tinggal masukkan format ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK. Setelah itu kirim SMS tersebut ke nomer 4444. Jika sudah terkirim nanti akan ada konfirmasi via SMS mengenai pembaruan identitas kamu.

4. Menggunakan Website Resmi XL

Registrasi ulang kartu XL bisa menggunakan website resmi dari XL. Caranya kamu tinggal kunjungi website tersebut, setelah berhasil sampai di laman, ikuti intruksi yang diberikan. Pastinya tidak jauh beda dengan cara registrasi via SMS.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak akan dibanjiri SMS dari pusat untuk pembetitahuan registrasi dari nomer 4444.  Nanti mungkin hanya sedikit pemberitahuan dari XL kalau registrasi ulang berhasil.

Inilah dua cara registrasi ulang kartu XL melalui website resminya.

Baca Juga: 3 Cara Cek Pulsa XL: Penting! Untuk Pengguna Baru Begini Langkahnya

5. Kirim SMS ke 4444 Sebanyak 5 Kali

Selain bisa kamu gunakan untuk daftar kartu XL perdana atau daftar ulang, kamu bisa gunakan via SMS ke nomer 4444 dengan format yang sama dengan registrasi perdana. Jika SMS pertama registrasi gagal lakukan lagi sebanyak 4 kali.

Kalau ternyata upaya ini tidak berhasil biasanya pengguna akan mendapatkan pesan untuk tindakan yang harus dilakukan.

Pesan yang akan diterima biasanya beragam,  ada yang berisi pemberitahuan kartu XL yang kamu daftarkan telah aktif, kemudian terkadang masih ada intrusksi harus mengulangi pengiriman data. Jika pesan tersebut kamu terima, lakukan sesuai perintah, kamu kirim data diri kamu sesuai format yang sudah ditentukan ke nomer 4444.

Selain masalah tersebut, ada juga pemberitahuan yang muncul mengatakan bahwa NIK dan nomor KK yang kamu masukkan tidak terdaftar atau salah. Apabila pengguna mendapati pesan seperti ini, maka disarankan untuk mencoba melakukan konfirmasi ke nomor telepon 1500-537. Ini adalah layanan pelanggan Ditjen Dukcapil HALO DUKCAPIL yang bisa mengatasi masalah registrasi kartu XL kamu.

6. Lewat Gerai Operator dan Internet

Selain cara di atas, kamu bisa menggunakan cara registrasi kartu XL yang gagal melalui via gerai operator dan internet untuk melakukan pendaftaran secara manual. Setelah itu pengguna juga akan diminta untuk mengisi surat pernyataan.

Jadi, selain pendaftaran melalui SMS, operator XL Axiata (XL) dan operator lainnya juga membuka saluran pendaftaran kartu SIM prabayar melalui situs-situs resminya di internet.

Pengguna yang tidak berhasil mendaftarkan kartu SIM-nya bisa mencoba melakukan kegiatasn registrasi melalui website resmi dari XL.

Sama hal dengan registrasi menggunakan SMS, registrasi kartu XL via internet juga free alias tanpa biaya. Selain melalui situs internet, pengguna XL atau operator lainnya bisa registrasi kartu XL dengan cara mendatangi gerai operator XL. Kalau operator lain, kunjungi gerai operator masing-masing kartu SIM yang ingim kamu daftarkan.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara registrasi kartu XL? Kami sengaja mencantumkan registrasi kartu XL secara lengkap, mulai dari registrasi perdana, daftar ulang dan yang gagal supaya pembaca bisa sekaligus mengetahui cara untuk memecahkan masalah registrasi. Jika tidak dibutuhkan sekarang, mungkin saja lain hari.