Connect with us

Fintech

Mengenal Jenis Burung Kacer Paling Diminati Pecintanya

Yuk simak seperti apa jenis burug kacer yang paling di cari oleh pencinta burung dengan harga fantastis.

Femi Julianda

Published

Jenis Burung kacer
Kacer

Kacer termasuk jenis burung yang terkenal pandai menirukan suara, terutama yang sering didengar. Tidak heran jika burung ini memiliki julukan burung peniru, berkat kemampuannya saat menirukan kicauan.

Keahlian unik inilah yang membuat kacer memiliki banyak penggemar, terutama di kalangan pecinta kicau. Di Indonesia sendiri Kacer terbagi dalam beberapa jenis, populasinya cukup banyak dan menyebar di seluruh wilayah. 

Jenis Kacer dengan Kiacauan Paling Indah

Kacer Poci

Kacer poci

Jenis Kacer Poci mempunyai nama latin Copsychus Saularis, dan memiliki perawakan tubuh cukup besar. Burung ini lebih populer dengan sebutan Kacer Sumatera, karena banyak ditemukan di pulau Sumatera. Kombinasi warna hitam dan putih pada bulunya menjadi ciri fisik utama dari Kacer Poci.

Jika mengepakkan sayapnya akan terlihat ada goresan berwarna putih di tengah sayap dan dada. Soal kicauan tidak perlu diragukan karena sudah pasti gacor dan merdu.

Kacer Jawa

Kacer jawa

Pulau Jawa juga memiliki burung Kacer bernama Kacer Jawa, terkadang sering disebut sebagai Kacer Lokal. Burung dari keluarga Muscicapidae ini mempunyai daya tarik pada bulu hitamnya. Sekujur tubuh Kacer Jawa ditutupi oleh warna hitam, hanya menyisakan warna putih pada bagian sayap tengah.

Perawakan burung sangat mudah dikenali oleh pecintanya dan mudah ditemukan di pasaran. Kacer Jawa terkenal pandai menirukan ritme kicauaan dari jenis burung lain.

Kacer Madagaskar

Kacer madagskar

Bukan berasal dari Indonesia, Kacer Madagaskar justru berasal dari benua Afrika dan terbang hingga ke dataran tropis. Perawakannya mirip Kacer Sumatera tetapi warna bulunya kebiruan pada bagian atas. Jika diterpa sinar matahari maka akan terlihat warna birunya yang berkilauan.

Bentuk badannya bulat sedikit berisi pada bagian tengah, dengan paruh kecil dan runcing. Kacer Madagaskar dikenal punya suara kristal dan terdengar jernih di telinga.

Burung dengan ras Copychus Solaris Musicus berasal dari Kalimantan, dan hidup bebas di dalam hutan liar. Burung Kacer Kalimantan mempuyai ciri bulu berwarna hitam pekat, dan sedikit warna putih. Jika bagian dada Kacer Sumatera berwarna hitam, maka Kacer Kalimantan bagian dadanya warna putih.

Bagian perut hingga ekor bawah didominasi warna putih bersih, serta berubuh besar. Burung ini juga mempunyai pengendalian mental yang bagus.

Kacer Blorok

Kacer blorok

Ada jenis kacer hasil perkawinan silang antara Kacer Jawa dengan Kacer Putih. Sehingga menghasilkan Kacer Blorok yang memiliki perawakan unik. Bagian tubuhnya mempunyai motif hitam dan putih yang tidak beraturan atau belang.

Jenis suara Kacer Blorok menurun dari Kacer Sumatera yang bisa meniru kicau burung lainnya. Tidak hanya itu, burung unik ini punya sifat pemberani dan tidak takut saat didekati oleh manusia.

Makanan Bergizi untuk Mengimbangi Kualitas Kicau

Makanan burung kacer

Saat memelihara Kacer, anda perlu mengetahui jenis pakan apa saja yang bisa dikonsumsi. Usahakan memberi pakan dengan nilai manfaat yang jelas, jadi mudah bagi anda untuk menyusun jadwal makan.

Bagi burung Kacer pakan dengan kandungan protein tinggi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa memberikan jangkrik setiap hari yang mengandung asam amino dan omega 3. Fungsinya untuk menstimulasi kecerdasan agar bisa merekam suara masteran.

Baca Juga: Jenis Love Bird yang Paling Dicari Pecinta Kicau Mania

Jika tidak ada jangkrik anda bisa menggantinya dengan belalang hijau. Jenis pakan ini mempunyai kandungan asam amino, yang membuat kicauannya lebih nyaring. Belalang cocok diberikan pada Kacer untuk mempercepat proses ganti bulu.

Sesekali berikan Kacer ulat bambu atau ulat pisang, untuk mencegah naiknya birahi secara berlebihan. Sehingga Kacer bisa meredam birahinya sampai musim kawin tiba.

Kacer yang sering dilombakan membutuhkan asupan nutrisi untuk meningkatkan stamina. Anda wajib untuk memberikan pakan jenis kroto setiap dua kali dalam sepekan. Kroto sendiri merupakan telur semut besar, dan bisa ditemukan pada dedaunan pohon.

Jenis pakan ini mengandung protein tinggi dan sedikit kalori. Meskipun diberikan ke Kacer cukup sering, tetapi tidak membuat burung Kacer mengalami obesitas.

Butuh Perawatan Intensif Agar Cepat Gacor

Perawatan burung kacer

Anda perlu memberi asupan makanan yang tercukupi untuk kesehatan Kacer. Namun ternyata pakan saja tidak cukup, anda membutuhkan vitamin agar lebih sehat. Beri takaran pakan sesuai dengan porsinya, agar tidak terjadi obesitas.

Disarankan untuk merebus semua pakan yang akan diberikan, untuk menghindari adanya kuman dalam pakan. Tidak berlebihan dalam memberi pakan juga berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan.

Kandang burung bisa dibersihkan sekitar dua hari sekali, agar kotorannya tidak menumpuk. Kacer kurang menyukai tempat yang kotor, karena bisa membuat burung mudah stres. Jika burung belang ini dalam keadaan stres, maka akan mempengaruhi kualitas kicaunya.

Tidak hanya kandang saja, anda juga harus memandikan Kacer secara rutin. Atur jadwal mandi di pagi hari mulai jam 7-10 pagi, lalu jemur dibawah terik matahari pada jam 9-10 pagi.

Jika anda mempersiapkan burung Kacer untuk kontes kicau, maka perlu melatihnya dengan masteran. Metode ini biasa digunakan oleh pecinta burung agar burung cepat gacor. Cari burung master dengan benar agar bisa dijadikan masteran.

Atau bisa mencari burung kicau lain sebagai lawan sparring, supaya Kacer terbiasa dengan suasana kontes. Dengan metode sparring akan membuat Kacer anda cepat beradaptasi.

Keistimewaan Kacer yang Membuat Harganya Mahal

keistimewaan burung kacer

Meskipun Kacer mempunyai tubuh mungil tetapi Ia jago dalam berkicau. Suara kicauan Kacer sangat nyaring dan melengking, salah satu alasan kenapa Kacer banyak dicari. Habitat asli Kacer ialah daerah perkebunan kelapa sawit dan hutan dengan rimbunan pohon.

Kebiasaan hidup di alam liar membuat Kacer mempunyai sifat bebas yang cukup melekat. Sifat tersebut akan keluar sewaktu-waktu ketika berada di tempat karantina lomba.

Kacer bukan jenis burung yang mudah beradaptasi, Ia harus mempelajari dulu kondisi lingkungan barunya. Hal ini seringkali terjadi ketika burung Kacer berada di area pertandingan. Kacer akan berhenti berkicau dan bungkam untuk beberapa saat, karena merasa asing dengan lingkungannya.

Kacer membutuhkan jeda sedikit lama untuk memahami situasi yang dilihatnya. Jika sudah terbiasa barulah Kacer akan kembali berkicau seperti biasanya.

Jika trenggiling menggulungkan badan untuk melindungi diri, maka Kacer akan mengembangkan ekornya. Hal ini memberi kesan bahwa dirinya sedang marah dan memperingati si pemangsa untuk menjauhinya. Ketika musim kawin tiba Kacer akan memamerkan ekornya setiap saat.

Harga Kacer Tergantung Kicauannya

Harga burung kacer

Burung mungil ini terkenal jago dalam berkicau, dengan suaranya yang nyaring dan melengking. Kicauan Kacer tidak terdengar monoton dan membosankan, cenderung enak saat didengarkan.

Meskipun suara kicaunya indah tetapi tidak membuat Kacer dipasarkan dengan harga yang mahal. Justru harganya tergolong murah bagi para pecinta burung kicau dan tidak membuat kantong kering.

Kacer jantan lebih banyak diburu dibandingkan si betina, karena memiliki suara yang gagah dan merdu. Jenis Kacer Poci mempunyai harga sekitar 200-400 ribu, sedangkan Kacer Jawa harganya lebih mahal sekitar 1 juta rupiah.

Ada pula Kacer Sumatera yang menempati harga termahal yaitu 1-2 juta rupiah. Bagi pemula disarankan untuk membeli Kacer usia muda sekita 250 ribu.

Show All
Advertisement

Editor Pick’s

Newsteller

Berlangganan GRATIS di Flashtik Media untuk mendapatkan update artikel menarik setiap harinya:

Apps

Top