Pengalaman Ganti LCD iPhone dan Cara Merawat LCD iPhone

Jangan Ganti LCD iPhone Sembarangan
Flashtik Media

Artikel ini adalah pengalaman saya ketika pertama kali mengganti LCD iPhone.

Saat itu saya memiliki satu unit iPhone 6s, dari sisi spesifikasi saat itu iPhone 6 sudah memiliki spesifikasi yang cukup tangguh

5 bulan masa pakai, saya tidak sengaja menjatuhkan iPhone tersebut kelantai. iPhone tersebut jatuh dari ketinggian kurang lebih sekitar 1,5 meter, sangat disayangkan hampir 80% layar iPhone saya retak. 

Untungnya layar iPhone tersebut masih dapat digunakan seperti biasanya. Hanya saja tampilan LCD iPhone terganggu karena garis-garis retak tadi yang hampir memenuhi seluruh layar.

Daftar isi:

Jangan Ganti LCD iPhone Sembarangan!

Biaya Ganti LCD iPhone
Apple

Ya, saya sangat tidak menyarankan kalian untuk tidak mengganti layar iPhone sembarangan! Kenapa? Kita akan bahas disini.

Jadi seminggu setelah LCD iPhone saya pecah, saya mencoba untuk browsing harga LCD iPhone mulai dari harga hingga tempat pemasangan.

Saya melihat daftar harga asli LCD iPhone 6s sekitar 500 ribuan dan yang biasa sekitar 350 ribuan saat itu, karena harga asli nya masih terbilang mahal bagi orang seperti saya.

Kebetulan saat itu garansi iPhone saya tidak lagi berlaku karena segel baut pada bagian bawah iPhone sudah lepas karena sering gonta ganti silikon. Maka saya mencoba untuk pergi ke service hp terdekat di kota saya (Pekanbaru) yang bisa mengatasi perbaikan iPhone.

Disana saya menanyakan biaya penggantian LCD iPhone di beberapa konter. Saya menemukan harga yang paling murah yakni sekitar 250 ribu termasuk ongkos pasang untuk LCD biasa.

Tanpa pikir panjang saya langsung menyodorkan iPhone saya untuk di perbaiki.

Untungnya teknisi nya bilang kalau LCD iPhone bisa di tunggu sekitar 30 menit jika tidak ada masalah.

Lebih dari 30 menit menunggu, akhirnya saya mendapatkan iPhone saya kembali sudah selesai di perbaiki.

Saya cek sekilas memang tidak jauh beda dengan layar aslinya. Karena semua baik-baik saja, hanya saja bagian tepi LCD sedikit timbul. Kata teknisi nya memang begitu kalau sudah ganti layar iPhone. Tak ada masalah lain maka saya membayar dan pulang membawa iPhone tersebut.

LCD iPhone 6
Aliexpress

Beberapa menit mengotak-atik iPhone, saya merasa ada yang aneh dengan iPhone ini. Tak disadari Layar iPhone tidak lagi memiliki fitur retina display bawaan iPhone. Saat ini layar iPhone saya tampak memudar seperti kelebihan cahaya.

Dua hari pemakaian, saya melihat ada bintik putih pada bagian tepi kanan layar, tidak tahu dari mana asal bintik tersebut, maka saya mencoba menanyakan ke group komunitas iPhone di sosial media.

Sharing dengan teman satu group, ternyata banyak yang bilang kalau itu karena ganti LCD iPhone dengan yang kw. Akhirnya saya menerima jawaban tersebut karena memang saat ini saya menggunakan layar iPhone kw.

Selang beberapa minggu, masalah baru timbul lagi! Dan ini adalah masalah yang serius dimana saat iPhone mengalami panas, tiba-tiba layar mulai bergaris dan kadang menu bergerak dengan sendiri nya hingga blank hitam.

Namun ketika saya mencoba megunci layar dan membiarkan nya sampai dingin, maka layar iPhone kembali normal seperti biasa.

Baca Juga: Cara Login (Wa Web) iPhone di Komputer, Akses WhatsApp Lebih Cepat!

Merasa ada yang aneh, saya nekad untuk membuka layar iPhone tersebut dengan bermodalkan obeng hp dari teman.

Proses membuka LCD nya tidaklah sesulit yang saya bayangkan. Cukup dengan membuka dua baut di bagian konektor cas dan mengungkit seluruh tepi layar dengan ujung kuku.

Setelah semua terbuka, saya cukup terkejud melihat isi dalam iPhone tersebut! Saya melihat batterai iPhone saya sudah diganti dengan merek lain. Karena biasanya baterai iPhone yang asli berwarna hitam dan terdapat logo dan seri.

Sementara batterai yang saya gunakan adalah merek china dengan warna putih dengan logo tersendiri. Saya mulai teringat terakhir kali saya membawa iPhone ini ke tempat service. Saya yakin bahwa teknisi tersebut sudah menggantinya tanpa sepengetahuan saya.

Kalau sayabmembawa iPhone ini kembali ke tempat servise yang sama, yang ada iPhone akan semakin parah, bahkan biaya juga semakin mahal.

Kondisi iPhone sudah tidak memungkinkan untuk di perbaiki, maka saya berniat untuk menjualnya saja kepada orang lain melalui media sosial.

Body nya yang masih dan harga yang dibawah pasaran, iPhone saya banyak diminati oleh orang. Sebab saya tidak menyertakan minus yang sedang di alami.

Setelah tawar menawar, akhirnya saya dan pembeli sepakat untuk melakukan cod di suatu tempat umum.

Seperti yang saya sebutkan, iPhone ini masih berfungsi dengan baik saat suhu iPhone tidak terlalu panas. Jadi saya harus sesegara mungkin menyuruhnya bertransaksi sebelum penyakit iPhone saya kumat.

Kebetulan pembeli ini tidak tahu banyak soal iPhone, jadi ia hanya melihat kondisi fisik iPhone masih sangat mulus dan tampak baru. Tak lama ia langsung membayar tunai iPhone saya dan saya langsung bergegas pergi sebelum ia menyadari iPhone ini bermasalah.

Saya tahu bahwa yang saya lakukan adalah salah, namun saya menjual iPhone tersebut dibawah harga pasaran supaya sang pembeli bisa menyisihkan uang nya untuk biaya perbaikan nya nanti.

Saya menyesali perbuatan saya, dan saya juga jera untuk memperbaiki iPhone dengan sparepat kw dan tukang service abal-abal.

Dari pengalaman saya saat mengganti LCD iPhone, tentunya kalian juga mendapat pencerahan akibat mengganti layar LCD iPhone dengan barang kw, apalagi mebawanya ke tempat service yang bukan resmi dari Apple.

Bagaimana Cara Merawat LCD iPhone?

Cara merawat layar iPhone
Aliexpress

Tidak jauh beda dengan layar smartphone kebanyakan, layar dan LCD iPhone harus menggunakan pelindung anti gores dan hardcase untuk melindungi iPhone saat terjadi benturan.

Biasakan melakukan kalibrasi dengan memutar menu kompas agar sensitivitas touchscreen dapat berfungsi dengan baik.

Jangan memukul layar karena layar iPhone masih rentan terhadap benturan. Seperti yang saya alami iPhone jatuh hanya sekitar 1 meter namun mengalami retak hingga seluruh bagian layar.

Khususnya bagi kamu pencinta game, biasa nya tak jarang memukul layar dengan siku jari saat terjadi kekesalan pada game. Hal ini dapat membuat layar iPhone pecah dengan mudah.

Kesimpulan

Sangat disarankan bagi kamu untuk membeli iPhone garansi resmi supaya ketika terjadi masalah, iPhone dapat di tangani oleh orang yang tepat dan bertanggung jawab.

Jangan pernah mengganti sparepat iPhone dengan barang kw, karena sudah dipastikan penyakitnya akan kembali muncul bahkan bisa menyebabkan komponen lainnya bermasalah.

Itu sebabnya iPhone ini di hadirkan khusus bagi mereka kalangan atas, karena biaya perbaikan nya yang cukup mahal. Dan sangat tidak disarankan bagi kalian untuk mengganti sparepat ke tukang service abal-abal kalau tidak mau mengalami hal yang sama seperti saya.

Apalagi kalau iPhone harus di tinggal di konter, mereka dengan leluasa mengambil beberapa komponen iPhone yang terbilang mahal dengan yang kw seperti baterai dan IC nya.