4 Cara Memperkecil Ukuran Video dengan Mudah Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Memperkecil Ukuran Video, Berkembangnya teknologi di era modern ini, menuai banyak manfaat terlebih untuk manusia. Salah satunya kemudahan dalam merekam gambar atau mengambil video. Aktivitas ini sering dilakukan terutama saat ada pristiwa penting yang harus didokumentasikan tapi lebih sering ketika liburan atau membuat vlog bersama teman.

Tentu kegiatan ini sangat menyenangkan, lebih menyenangkan lagi kalau video menarik kita bisa diunggah di media sosial dengan cepat dan mudah. Tapi sayangnya, seringkali video yang kita ambil saat aktivitas seru hasilnya malah berukuran besar, akibat video yang diambil berdurasi cukup lama. Masalah ini sangat menyebalkan bukan?

Nah, untuk mengatasi semua ini perkembangan tekhnologi menjawabnya. Ya, sekarang sudah tersedia aplikasi kompresor untuk memperkecil ukuran video bahkan ada yang tidak mengurangi kualitas. Menarik kan?

Lalu apa saja aplikasinya? Bagaimana cara memperkecil ukuran video dengan aplikasi tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya reader.

1. Menggunakan Aplikasi Movie Maker

Buat kamu yang punya komputer dengan OS pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Movie Marker ini. Aplikasi bawaan dari komputer ini cocok sekali bagi para pemula. Dalam aplikasi ini tidak hanya tersedia fitur kompres atau perkecil ukuran video saja, tapi juga tersedia pemotong video, menambahkan musik, sampai pemberian efek-efek menarik.

Bagaimana cara kompres video dengan Movie Marker? Di bawah ini petunjuk lengkapnya:

– Setelah menyalakan komputer, jalankan aplikasi Movie Marker.

– Klik menu “Tambahkan Video”,

– Kemudian pilih video yang ingin kamu perkecil ukuran file videonya.

– Pilih opsi “File”

– Lalu tekan “Simpan Movie”. Beri title pada video yang sudah kamu edit. Lalu klik “Simpan”.

– Tunggu sampai proses saving  berhasil. Jika berhasil, ukuran file video kamu akan kecil secara otomatis tanpa mengurangi kualitas video yang sudah di-compress barusan.

2. Melalui Situs YouCompress

Mengedit video secara offline memang sangat menyenangkan apalagi tidak meminta kuota tambahan seperti mengedit secara online. Tapi setiap metode tentu pasti ada sisi kelemahan dan keunggulannya. Mengompres video secara offline faktanya memang tidak menguras banyak biaya, kita cukup install aplikasinya dan mulai pengeditan dengan aman kuota tambahan.

Sayangnya kali ini kita bahas kompres video tanpa mengurangi kualitas, sedangkan kebanyakan aplikasi compressor offline itu mengancam kualitas video keren kita. Menyedihkan sekali kan…?

Sementara situs kompres video secara online bisa menjamin kualiatas video dari kamera terbaik kamu tetap aman. Salah satunya yaitu situs YouCompress. Kamu bisa mengakses situs kompresor ini kapan saja dan bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran video kamu hingga 80 persen tanpa mengurangi kualitasnya.

Penasaran bagaimana cara memperkecil ukuran video dengan situs kompres video terbaik ini? Cermati petunjuk di bawah ini ya!

– Langkah pertama kamu harus pergi ke situs YouCompress

– Lalu tekan opsi “select file”, pilih file video yang ingin kamu perkecil ukuran filenya.

– Tunggu sampai proses perkecil ukuran file video selesai.

– Terakhir, jika sudah selesai, kamu tinggal download file video tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi VidCompact

Selain melalui situs dan aplikasi bawaan dari komputer, kamu juga bisa kompres video di Android dengan menggunakan aplikasi kompresor yang bisa kamu install di play store secara gratis. Di aplikasi ini tersedia fitur compress video MP4. Jadi buat kamu yang memiliki file video MP4 bisa dikompres melalui aplikasi ini di smartphone kamu.

Hanya saja kamu perlu tau cara memperkecil video dengan aplikasi ini untuk mendapatkan video berukuran kecil tapi kualitasnya tidak berkurang sedikitpun. Mau tau bagaimana caranya? Cermati ulasan kami berikut!

– Unduh dan Install aplikasi VidCompact di play store,  kemudian jalankan aplikasi tersebut.

– Pilih menu “Trim & Compress”, lalu sellect video yang ingin diperkecil ukuran file-nya.

– Kamu bisa tentukan resolusi video sesuai kebutuhan maksimal hingga 480p.

– Jika sudah melalui proses penentuan resolusi tadi, pilih “Compress Video”

– Klik “Simpan ke Gallery” supaya video yang sudah kurangi ukuran filenya bisa langsung tersimpan dan ditonton di galeri smartphone kamu.

4. Menggunakan Aplikasi Panda Video Compressor

Jika kamu sudah aplikasi kompres video VidCompact sebelumnya di Android, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Panda Video Compressor, fungsinya sama yaitu untuk memperkecil ukuran video. Untuk menikmati fitur compress video yang ada di aplikasi kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut:

– Download aplikasinya di play store, kemudian  install aplikasi Panda Video Compressor tersebut.

– Buka aplikasi. Lalu masukkan video yang ingin diperkecil ukurannya.

– Selanjutnya pilih kualitas video yang dibutuhkan mulai dari kecil, medium sampai besar.

– Jika selesai, pilih “Compress”, lalu “Simpan”.

Bagaimana mudah kan… cara memperkecil video? Jika kamu tidak mau menggunakan komputer, bisa dicoba aplikasi-aplikasi yang friendly Android itu ya… supaya kamu bisa lebih praktis kompres videonya.