Rumus Microsoft Excel

Di jaman sekarang ini, Microsoft Excel bisa dibilang menjadi software yang hampir wajib untuk dikuasai. Karena ia merupakan salah satu aplikasi office yang banyak digunakan untuk berbagai macam pekerjaan. Oleh karena itulah sangat penting untuk belajar bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel. Apakah kalian sudah bisa?

Nah mungkin ada juga diantara kalian yang masih cukup awam dengan software yang satu ini dan sekarang ingin mulai belajar bagaimana cara menggunakannya namun tidak tahu harus mulai darimana. Sebenarnya excel ini adalah aplikasi yang terbilang tidak sulit untuk dipelajari bahkan bagi pemula sekalipun.

Apabila kita ingin pandai menggunakannya, maka kita perlu tahu rumus atau formula yang ada di dalam app tersebut. Tapi sebelum kita lanjut, mari sedikit banyak mengenal tentang apa itu software Microsoft Excel.

Pengertian Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel

Adalah sebuah aplikasi Spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft dan biasanya digunakan untuk keperluan mengolah data. Biasanya software yang satu ini digunakan di berbagai bidang mulai dari akuntansi, pengolahan data tabel, perkantoran dan lain sebagainya. Maka dari itu, sangatlah penting bagi kita untuk menguasai dasar-dasar penggunaan Microsoft Excel.

Fungsi Microsoft Excel

Fungsi Microsoft Excel

Diatas sudah sedikit disinggung tentang fungsi dan manfaat dari software ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa hal yang sering memanfaatkan Excel :

  • Akuntansi digunakan untuk menghitung laba rugi serta melakukan pencatatan transaksi dengan lebih mudah.
  • Untuk pengelolaan data seperti statistik, mencari rata-rata, perhitungan data dan lainnya.
  • Memudahkan dalam pemrosesan data dengan sistem kolom dan tabel.
  • Digunakan untuk memudahkan operasi logical untuk mencari nilai dari suatu data.
  • Bisa dipakai untuk membuat grafik berdasarkan data-data yang telah diinput.

Rumus Microsoft Excel Lengkap + Fungsinya

Seperti yang telah dijelaskan bahwa MS Excel merupakan sebuah software pengolah data. Dimana biasanya ia dipakai untuk memproses berbagai macam data seperti keuangan dan lain sebagainya. Nah dengan menggunakan Excel, hal tersebut jadi lebih mudah untuk dilakukan karena kita terbantu oleh berbagai macam rumus di dalamnya.

Rumus atau formula inilah yang akan sangat membantu kita untuk mengolah data sesuai kebutuhan. Misalnya saja menghitung operasi matematika, menemukan data tertentu hingga hal lain seperti operasi logika. Dengan memakai rumus yang benar, kita tak perlu lagi melakukan penghitungan secara manual dan dapat mempercepat pekerjaan.

Oleh karena itulah, buat kalian yang ingin belajar bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel, maka hal yang wajib diketahui adalah formula-formula dasar. Berikut ini beberapa rumus yang paling sering digunakan di Excel yang penting untuk kalian ketahui dan pelajari.

1. Rumus Penjumlahan (SUM)

Rumus SUM

Rumus pertama yang paling umum digunakan adalah SUM yang fungsinya untuk penjumlahan. Jadi dengan menggunakan formula ini kita bisa dengan mudah menambahkan nilai data yang berada di dalam beberapa sel sekaligus. Contohnya saja seperti di gambar kita akan menjumlahkan nilai dari sel B2 hingga B9. Maka kita ketik saja rumus =SUM(B2:B9) lalu tekan enter, maka hasilnya akan langsung muncul.

2. Rumus Rata-Rata (AVERAGE)

Rumus AVERAGE

Selanjutnya ada rumus untuk mencari nilai rata-rata dari suatu data. Kita bisa memilih beberapa sel yang diinginkan saja atau langsung dari sebuah range data. Penggunaannya juga tak berbeda jauh dengan contoh sebelumnya, kita tinggal memasukkan formula =AVERAGE(B2:B9) lalu enter. Kalian bisa mengganti range sel yang digunakan sesuai kebutuhan masing-masing.

3. Rumus AND

Rumus AND

Untuk yang satu ini mungkin termasuk ke dalam logika. Fungsinya adalah untuk menghasilkan TRUE apabila semua data yang digunakan adalah benar. Dan akan menghasilkan FALSE apabila ada salah satu data yang bernilai salah.

Contohnya saja begini, pada gambar kita ketikan =AND(B2>B3) yang artinya “apakah nilai B2 lebih besar daripada B3”. Dan jika formula tersebut kita enter maka hasilnya adalah TRUE. Karena memang benar bahwa B2 (80) > B3 (67).

4. Rumos NOT

Rumus NOT

Nah yang satu ini merupakan kebalikan dari rumus AND, dimana ia justru menghasilkan nilai TRUE jika kondisinya salah dan nilai FALSE jika kondisinya benar. Apabila merujuk dari contoh yang sebelumnya, kita tulis saja =NOT(B2>B3) dan kita tekan enter, maka hasilnya akan FALSE.

Karena rumus tersebut membuat cara baca kita menjadi “B2 TIDAK lebih besar dari B3“. Maka dari pernyataan tersebut tentu akan bernilai FALSE. Bagaimana, cukup mudah bukan untuk dipahami kan?

5. Rumus IF

Rumus IF

Satu lagi formula logical excel yang cukup sering digunakan. Rumus IF ini berfungsi untuk mengevaluasi suatu data apakah bernilai TRUE atau FALSE berdasarkan KONDISI yang kita tentukan. Masih bingung? Kita contohkan saja seperti mencari siapa yang lulus dengan nilai KKM 75.

Rumusnya adalah =IF(Kondisi;”Kondisi Terpenuhi”;”Kondisi Tidak Terpenuhi”). Jadi untuk mencari nilai yang lulus KKM 75 dengan rumus =IF(B2>75;”Lulus”;”Tidak Lulus”) lalu tekan enter. Maka hasilnya akan Lulus karena nilai B2 adalah 80 yang mana lebih dari KKM 75 berarti ia Lulus.

6. Rumus Peringkat (RANK)

Rumus RANK

Seperti namanya, formula yang satu ini digunakan untuk menentukan ranking atau peringkat dari sebuah range data. Misalnya saja seperti digunakan untuk membuat daftar ranking nilai dari suatu kelas. Rumusnya adalah =RANK(Sel;Range Awal:Range Akhir) dan enter. Jadi karena kita akan menghitung peringat dari dari sel B2 hingga B9 maka rumusnya jadi =RANK(B2;B2:B9) dan enter untuk melihat hasilnya.

Itulah beberapa rumus dasar Microsoft Excel yang harus kalian pelajari dan kuasai. Dengan formula tersebut setidaknya kalian sudah bisa melakukan pengolahan data sederhana dengan lebih mudah. Setelah itu silahkan kalian pelajari juga rumus-rumus lanjutan yang sesuai dengan keperluan masing-masing. Apabila ada yang sekiranya kurang dipahami, bisa ditanyakan di kolom komentar.