Cara Mengatasi Mobile Legends Sering Download Ulang di Android

penyebab mobile legends sering download ulang

Apakah game Mobile Legends kamu sering mengalami proses download ulang setiap kali atau pada waktu tertentu?

Tentunya ini adalah hal yang sangat menjengkelkan bagi semua player, karena selain memakan banyak kuota data, ini juga akan menggangu kenyamanan kita bermain.

Nah, untuk itu saya baru saja menemukan beberapa penyebab utama kenapa game Mobile Legends ini sering melakukan download ulang, simak ulasan nya dibawah ini. 

Cara Mengatasi Mobile Legends Sering Download Ulang

Aplikasi Pembersihan

Salah satu penyebab game Mobile Legends sering melakukan download ulang karena adanya aplikasi pembersih dari pihak ketiga.

Salah satu aplikasi pembersih yang saya maksud itu ialah Ccleaner, ini adalah aplikasi pembersih yang kerap ditemukan pada smartphone android khusus nya Xiaomi.

Ternyata, aplikasi Ccleaner ini sangat sensitif terhadap beberapa file berukuran besar yang memakan banyak storage pada ruang penyimpanan telepon.

Mengingat file Game Mobile Legends ini terbilang cukup besar, alhasil aplikasi Ccleaner ini kerap menghapus beberapa file pada Mobile Legends.

Baca Juga: 7 Hero Assassin Tersakit di Mobile Legends, Wajib di Pick!

Hal ini juga berlaku untuk semua jenis aplikasi pembersihan seperti Clean Master, Nox Cleanr, AVG, Super Clean dll.

Untuk menghindari hal tersebut, saat melakukan pembersihan sampah pada android, jangan pernah mengikut sertakan game Mobile Legends untuk dibersihkan.

bersihkan game mobile legends

Sebaiknya, kalau ingin melakukan pembersihan sampah atau chace Mobile Legends, kamu cukup masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi – Mobile Legends – Penyimpanan dan tap menu Hapus Chace.

cache mobile legends

Saya sangat merekomendasikan kalian untuk tidak lagi menggunakan aplikasi pembersihan yang tersebar di Play Store.

Sebab aplikasi ini sama sekali tidak begitu efesien dalam hal pembersihan memori, justru yang ada aplikasi ini semakin memberatkan perangkat android karena seringnya melakukan analisa perangkat.

Sebaiknya untuk melakukan pembersihan sampah cukup dengan melakukan proses manual dari pengaturan aplikasi seperti yang saya sebutkan diatas.

Ruang Penyimpanan

Kemudian kalian bisa lihat pada ruang penyimpanan kalian apakah memiliki memiliki total penyimpanan yang cukup untuk menyimpan semua data file Mobile Legends?

Biasanya ini menjadi salah satu penyebab masalah tersebut dimana file Mobile Legends sering lost karena tak ada ruangan yang cukup untuk menyimpan file ML.

Jadi usahakan untuk menghapus beberapa file yang tidak penting seperti chace, foto, video atau bahkan aplikasi lainnya yang memakan banyak ruang penyimpanan.

Lokasi Penyimpanan

Selanjutnya perhatikan juga lokasi penyimpanan file Mobile Legends kalian, pastikan bahwa file tersebut tersimpan pada memori internal bukan memori eksternal.

Sebab, apabila memori ekternal tidak terbaca atau tidak sengaja kalian lepas, maka game mobile legends akan kembali melakukan download resource untuk file yang hilang.

Alhasil, data game mobile legends kamu akan di download ulang mulai dari nol kembali.

Seperti yang saya sebutkan tadi, pastikan ruang penyimpanan kamu cukup supaya tidak lagi menggunakan memori ekternal untuk menyimpan data aplikasi.

Kesimpulan

Beberapa file mobile legends memang sering mengalami masalah khusus nya di android, hal ini terjadi karena adanya akses langsung menuju file tersebut.

Berbeda dengan ios, dimana usernya tidak bisa mengubah semua file yang tersimpan pada perangkat.

Satu lagi tips yang ingin saya sampaikan, jangan menghapus “Data Penyimpanan” aplikasi saat ingin membersihkan sampah.

Hal ini otomatis membuat semua file pada aplikasi tersebut akan terhapus. Cukup dengan menekan “Hapus Cache” saja sudah cukup.